MTs. Negeri 14 Jakarta

Jl. Elang Komplek Rajawali, Halim Perdanakusuma, Makasar, Kota Jakarta Timur

Madrasah SMART

LDKS Membentuk Generasi yang Berkarakter

Senin, 09 September 2019 ~ Oleh Humas MTs Negeri 14 Jakarta ~ Dilihat 421 Kali

Penulis: Abdul Gofur

Bogor, Humas MTs Negeri 14 Jakarta - MTs Negeri 14 Halim Perdanakusuma Jakarta menyelenggarakan kegiatan LDKS bagi peserta didik kelas 7 tahun pelajaran 2019-2020. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari mulai tanggal 4-5 September 2019, diikuti oleh sekitar 160 peserta didik  yang telah dilantik serta siap sebagai calon pengurus OSIS masa bakti 2018/2019. Bertempat di Gadog Boemi Kaliandra, Bogor. tampak seluruh peserta mengikutinya dengan penuh semangat. Tema LDKS kali ini adalah "LDKS Membentuk Generasi yang Berkarakter". Kegiatan ini diadakan sebagai tahap pertama sistem pembinaan peserta didik sekaligus menjadi sistem awal kaderisasi pengurus OSIS bagi kelas 7.

Hj. Nur Ajizah, M.Pd, selaku kepala MTsN 14 dalam sambutan pembukaan kegiatan mengharapkan bahwa dengan diadakan LDKS, peserta didik paham terhadap tugas yang akan dilakukan. Sehingga setelah selesai kegiatan ini, para  peserta didik lebih bertangggungjawab serta memahami tugasnnya sebagai seorang pelajar, Pesannya pada peserta: “kegiatan LDKS dapat digunakan sebagai media untuk belajar berorganisasi, oleh karena itu ikutilah kegiatan demi kegiatan secara optimal agar kalian merasakan langsung bahwa segala sesuatu harus diraih dengan penuh perjuangan,.” Beliau juga mengharapkan agar peserta didik MTsN 14  memiliki peran yang sentral dalam memajukan kegiatan peserta didik yang bersifat positif, serta  siap menjadi panutan dan menjadi penggerak untuk mendukung kemajuan madrasah", paparnya.

Suhaeti, S.Ag selaku ketua panitia pelaksana LDKS menambahkan, bahwa tujuan LDKS untuk membekali ilmu kepemimpinan kepada peserta didik yang nantinya akan menjadi pengurus OSIS sehingga memiliki etos kerja yang tinggi, jujur serta amanah dalam menjalankan tugas serta tanggungjawabnya sebagai . Materi LDKS tidak hanya berupa teori dan praktik, tetapi juga latihan fisik dan mental. Materi LDKS meliputi kepemimpinan, pembentuk karakter, TUB/PBB dan Problem Solving. Pemberi materi Kepemimpinan adalah Hj. Nur Azijah, M.Pd., kemudian materi Character Building oleh Panji Sudarmaji, sementara materi Problem Solving dibawakan oleh Drs. H.M. Thoha. Acara berlangsung dari pagi hari hingga malam hari. Ada pula kegiatan Muhasabah dipimpin oleh Bapak Winarno, S.Ag kegiatannya yaitu sholat tahajud, tadarus dan renungan. Banyak peserta LDKS yang menangis pada kegiatan tersebut. Turut hadir Letkol Junjunan Amirrudin dari LANUD Halim Perdanakusuma, selaku ketua komite MTsN 14 Jakarta, beliau menceritakan pengalamannya selama menjadi TNI AU dan kiat-kiat menjadi orang yang sukses

Kami berharap melalui LDKS peserta didik MTsN 14 Jakarta mampu menerapkan segala ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kesan positif dari MTsN 14 dapat diterima di masyarakat sebagai sekolah yang mampu menjadikan para peserta didiknya senantiasa menjunjung tinggi Akhlakul Karimah.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT