MTs. Negeri 14 Jakarta

Jl. Elang Komplek Rajawali, Halim Perdanakusuma, Makasar, Kota Jakarta Timur

Madrasah SMART

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di MTs Negeri 14 Jakarta

Senin, 28 Oktober 2019 ~ Oleh Humas MTs Negeri 14 Jakarta ~ Dilihat 595 Kali

Jakarta, Humas MTs Negeri 14 Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 yang jatuh pada  tanggal 28 Oktober 2019, MTs Negeri 14 Jakarta melaksanakan upacara bendera  bertempat di halaman upacara madrasah. Upacara diikuti oleh seluruh Guru, Tenaga Kependidikan, serta Peserta Didik di lingkungan MTs Negeri 14 Jakarta. Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Joko Trilasno, S.Pd. sementara petugas upacara adalah para peserta didik kelas 7 dan 8 yang tergabung dalam  Paskibra MTs Negeri 14 Jakarta.

Dalam amanatnya beliau mengutip pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Hari Sumpah Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus keutuhan NKRI. Hari Sumpah Pemuda   ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah Internasional.

Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda didunia, kita tidak lagi harus bertahan dalam menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.  

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikao primordial suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia lebih baik.

Semangat para pemuda dalam menatap  dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Sebagai amanat terakhir,  marilah kita ucapkan terima kasih dan tunjukkan prestasi serta apresiasi dengan belajar sungguh-sungguh, Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91. Upacara ditutup dengan menyanyikan lagu Nasional Bangun Pemuda Pemudi oleh tim paduan suara MTsN 14, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa. (G4/JI)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT