MTs. Negeri 14 Jakarta

Jl. Elang Komplek Rajawali, Halim Perdanakusuma, Makasar, Kota Jakarta Timur

Madrasah SMART

UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-58  DI MTs NEGERI 14 JAKARTA

Rabu, 14 Agustus 2019 ~ Oleh Humas MTs Negeri 14 Jakarta ~ Dilihat 450 Kali

Jakarta, Humas MTs Negeri 14 Jakarta - Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-58 di lingkungan Gudep 08.145/08.146 pada tahun 2019 ini dilaksanakan di halaman upacara MTs Negeri 14 Jakarta, Rabu (14/08) dan diikuti oleh  guru, tenaga kependidikan, serta seluruh peserta didik MTs Negeri 14 Jakarta. Upacara di mulai tepat pukul 06.30 waktu indonesia barat dengan diawali persiapan barisan dari masing-masing kelas dibantu wali kelas masing-masing.

Bertindak selaku pembina upacara adalah Kak Winarno, S.Ag, selaku Pembina Putra Gudep 08.145/08.146. Dalam amanatnya Kak Winarno membacakan Sambutan/Pidato Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019. Inti sambutannya adalah menyampaikan selamat Hari Pramuka ke-58. Tema Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 ini adalah Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti "sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya". Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan. Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendirisangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang, tambahnya”.

Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita ini. Dan kedepan pembanguna SDM harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada SDM tidak hanya berkualitas tetapi juga agamis. Untuk itu saya mengharapkan betul kepada seluruh jajaran pramuka utamanya peserta didik MTsN 14 Jakarta, baik sebagai pembimbing, andalan, pelatih, Pembina, pamong saka, Maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, dan berakhlakul karimah, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela Negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak.

Dalam sambutan terakhirnya beliau menyampaikan Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis: Abdul Gofur

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT